...untuk teman-teman terkasih, bapak ibu dosen, kakak-kakak senior, saudara-saudaraku yang lebih berpengalaman, dan pastinya untuk Papa Mama yang sangat sangat aku cintai..

Kamis, 09 Juni 2011

2012 YANG DINANTI-NANTIKAN

Pada tahun 2012 nanti, akan ada banyak sekali fenomena-fenomena besar. Pasti terlintas di benak teman-teman “akhir dunia”. Tapi tunggu dulu, di tahun 2012 bukanlah merupakan akhir dunia (ini menurut saya, hehehe!)

Bukan teman-teman saja, bahkan hampir seluruh orang di dunia beranggapan bahwa pada tahun itu adalah akhir dunia. Tapi bagi Angkasa Pura II, akan ada kehidupan baru di tahun itu. Penasaran?? Let’s see more.

Pernahkah kalian mendengar “Kuala Namu” ? Tebakan saya sangat salah jika kata itu merupakan kata baru bagi anda semua. Ya, tepat sekali! Kuala Namu adalah sebuah bandara baru di Indonesia, dari Indonesia, oleh Indonesia dan untuk Indonesia dan dunia. Bandara ini berlokasi di Deli Serdang, Sumatra Utara, dan ditargetkan akan mengganti bandara Polonia.

Lalu, apa hubungannya dengan tahun 2012? Nah, pada tahun itulah bandara ini siap untuk beroperasi. Terlebih terminal kargo pun juga akan siap beroperasi seiring penyelesaian bandara secara utuh. Bandara ini merupakan bandara pertama di Indonesia yang menyediakan akses kereta api bandara dan city check in. City check in maksudnya penumpang dapat melakukan kegiatan check-in di downtown (kota) yang telah disediakan fasilitas check-in bagi calon penumpang. Selain itu, akses kereta api bandara juga mempermudah mobilisasi penumpang menuju bandara tanpa perlu menghabiskan waktu yang lama. Inilah bandara yang benar-benar memanfaatkan moda transportasi lain.

Kuala Namu berdiri di atas lahan lebih dari 12.000 meter persegi, terdiri dari terminal kargo, area gudang, area perkantoran, area parkir (6.000 m²), runway, appron, terminal penumpang, dan lain-lain yang mendukung kegiatan operasi bandara. Kapasitas bandara ini yaitu 7-10 juta penumpang tiap tahunnya, dan katanya nih, akan di”upgrade” sehingga mampu menampung 25 juta penumpang per tahun. Selain penumpang, Kuala Namu juga mampu menampung pesawat 10.000 tiap tahunnya. Sungguh bandara yang menakjubkan, bukan?

Dengan adanya bandara ini, sangat diharapkan timbulnya suatu perkembangan yang signifikan bagi negara ini. Transportasi yang lancar akan memacu perkembangan ekonomi negara ini menjdai lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar