...untuk teman-teman terkasih, bapak ibu dosen, kakak-kakak senior, saudara-saudaraku yang lebih berpengalaman, dan pastinya untuk Papa Mama yang sangat sangat aku cintai..

Kamis, 19 Mei 2011

Unik Sekali Bandara Ini..!

Teman, apakah anda pernah membayangkan pesawat udara menumpang take off di jalan raya? Ya, itu hal ini memang ada. Coba kita tengok daya ingat geografi kita. Selat Gibraltar. Masih ingatkah kamu dimana letak selat itu?

Selat Gibraltar merupakan selat yang memisahkan benua Eropa dengan Afrika, tepatnya di negara Spanyo dan Maroko (dengan kota Tangier). Wilayah Gibraltar ini terletak di semenanjung Iberian, yang masih dalam persemakmuran Inggris. Ada sebuah bandara internasional yang terletak persis di ujung semenanjung ini. Uniknya, airport yang termasuk kategori “kelas A” memiliki runway yang berpotongan dengan jalan utama penghubung dataran Spanyol dan Gibraltar itu sendiri. Mungkin kalian akan bingung membayangkan disana ada perempatan yang wah sekali. Nah, ini adalah gambar-gambar yang berhasil saya “curi”.

Menurut sumber yang saya dapat dari wikipedia mengenai bandara ini, dalam sehari ada penutupan jalanan minimal 2 jam karena ada lalu lintas pesawat yang sibuk. Tentunya, mobil-mobil lah yang harus menyesuaikan jam terbang pesawat. Orang-orang penduduk disana sudah terbiasa dengan adanya penutupan jalan selama dua jam bahkan lebih untuk menunggu sepenggal runway aman untuk dilewati.

Setiap tahunnya bandara ini melayani lebih dari 300.000 penumpang baik domestik (sekitar Spanyol), regional, maupun internasional. Bandara ini sungguh memanfaatkan lahan yang terbatas, dan tetap mempertahankan lalu lintas yang teratur.

Kita patut mencontoh manajemen bandara ini. Bukan berarti kita harus memasang jalan raya yang bersilangan dengan runway, tetapi paling tidak kita mencontoh pengaturannya lalu lintasnya, manajemennya, sehingga bandara-bandara di Indonesia pun lebih teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar