...untuk teman-teman terkasih, bapak ibu dosen, kakak-kakak senior, saudara-saudaraku yang lebih berpengalaman, dan pastinya untuk Papa Mama yang sangat sangat aku cintai..

Kamis, 19 Mei 2011

SUMBANGAN GARUDA UNTUK INDONESIA

Dalam manajemen marketing ada empat hal yang harus diperhatikan. Product, Price, Promotion, dan Place (of distribution). Setiap perusahaan mempunyai seni manajemen masing-masing untuk mendapatkan profit yang maksimal.

Salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa transportasi udara yaitu Garuda Indonesia, rupanya akan membuat rute penerbangan baru pada bulan Juni mendatang. Rute tersebut adalah Makassar-Singapura, selain itu rute domestik antara lain Makassar-Balikpapan dan Makassar-Ternate.

Ini merupakan langkah awal Garuda Indonesia untuk terus berinovasi, dan mengembangkan sayapnya. Kota Makassar yang mempunyai bandara Hassanudin yang sudah dibangun sesuai standar Internasional, merupakan pilihan tepat bagi Garuda mengingat pada tahun 2015 nanti target open sky international pasti tercapai.

Usaha dalam meng’internasional’kan sebuat bandara memang bukan hal yang mudah. Sangat diperlukan studi dan penelitian yang cukup menghabiskan waktu dan pikiran untuk menentukan di kota mana kah akan dibuka rute baru. Seperti Garuda, telah dilakukan studi antara lina kota sebelum akhirnya Makassar yang terpilih. Studi tersebut berisi tentang seperti apa demand akan jasa transportasi udara, segmentasi pasar, jenis runway yang digunakan apakah sesuai dengan armada yang akan beroperasi, dan kemampuan kota itu dalam menyambut dunia internasional.

Dalam rute barunya ini, Garuda menambahkan armadanya berupa dua buah pesawat Boeing 737-800 yang memiliki kapasitas 180 seat. Seorang GM Garuda di Makassar berharap akan mencapai seat sold sebesar 70%.

Dengan adanya rute internasional yang baru ini, diharapkan dapat memberikan benefit yang sangat berarti bagi perkembangan kehidupan perekonomian di Indonesia. Pintu gerbang internasional bertambah satu, yang sebelumnya adalah Soekarno-Hatta dan Ngurah Rai (Bali).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar